Dakwah tanpa cangkeman

Bila matahari, sepenggal jaraknya. padang yang luas, tak ada batasnya. Berarak, beriringan, berseru, dan menyebut, dia.”

Sepenggal bait lagu yang diciptakan band Efek Rumah Kaca yang menginspirasi saya untuk membuat ilustrasi dibawah ini. 

Aku agak terlambat mengenal ERK. Padahal lagu-lagunya menjadi makanan sehari-hari di kantor. Kagum pertama kali ketika tau lirik dari lagu “putih” yang menyebut kata “tahlilan” di dalamnya. Disadari atau tidak, menurut saya itu kredit tersendiri terhadap eksistensi Nahdliyyin di dunia seni khususnya musik, dan juga di tengah-tengah suasana merebaknya puritanisme Islam. 

Dari lagu Putih ini, seorang teman juga menimpali bahwa lagu-lagu ERK di album Sinestesia juga oke-oke. Besoknya setiap ngantor, saya langsung setel satu album ERK itu. 

Liriknya membawa saya menuju alam perenungan. Ditambah musik yang mendukung suasana yang mistis, khusyuk, transenden. Hingga ketika memejamkan mata, seolah-olah melayang-layang menghampiri dosa-dosa yang lalu. Serta membayangkan apa yang akan terjadi esok. 

Saya sering menangis diam-diam ketika mengikuti maiyahan. Dan itu saya rasakan juga ketika mendengarkan lagu-lagu di album Sinestesia. Tanpa sadar terseret, dipaksa mengingat, dipaksa berpikir, dipaksa mengkalkulasi pahala dan dosa, siapa saja yang tersakiti oleh diri ini, cukupkah bekal menghadapi padang yang luas tanpa batas, dsb. 

Ironisnya, saya tidak mendapat itu ketika menjalankan Sholat Jumat. 

ERK ini melampaui dakwah, jika dakwah tanpa teriakan yang memekakkan telinga. Dakwah kreatif menebar inspirasi. Minim paksaan dogma-dogma, dan justru mengajak berpikir, dan menganalisa kehidupan. 

Rasanya lagu-lagu ERK tidak mungkin sebooming lagu-lagu band pop mainstream. Namun pengaruhnya yang membawa kebermanfaatan pada pendengarnya, rasanya lebih berharga karena menjadi amal jariyah tersendiri. 

Fatehah untuk ERK dan siapapun yang terlibat di dalamnya. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s